Site Loader

LOCATION

Yogyakarta, Indonesia

Tanya Jawab Seputar Haji – 11

Hukum bergantung pada kelambu/kiswah Ka’bah

Pertanyaan :
Apa hukum bergantung kepada kelambu Ka’bah atau menempelkan diri kepadanya?

Jawaban:

Bergantung kepada kelambu Ka’bah atau menempelkan diri kepadanya tidak ada dasarnya di dalam ajaran Islam. Maka dari itu ketika Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu melihat Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhu melakukan thawaf di Ka’bah dan beristislam kepada semua sudut Ka’bah, Ibnu Abbas menjelaskan kepadanya bahwa istislam itu khusus untuk Hajar Aswad dan rukun yamani saja. Lalu Muawiyah berkata kepadanya : “Tidak ada sesuatu bagian dari Ka’bah ini yang diabaikan”. Maka Ibnu Abbas menjawab dengan mengatakan : “Sungguh telah ada pada diri Rasulullah suri tauladan yang baik. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam tidak pernah beristislam kecuali kepada dua sudut, yaitu rukun yamani dan hajar aswad”. Mu’awiyah pun kemudian mematuhi apa yang dikatakan oleh Ibnu Abbas.

Semoga Allah meridhoi mereka berdua.

Oleh : Syaikh Ibnu Utsaimin

Sumber Dari -> Fatwa-fatwa terkini Jilid I, Penerbit Daarul Haq

Like fanpage www.facebook.com/almadinahtour dan follow instagram kami @almadinahtour untuk mendapatkan artikel-artikel islami bermanfaat dan informasi Haji dan Umroh yang murah dan terjangkau.

www.almadinahtour.com
082265938444 – 087738628444 (WA/SMS/Telpon)

#umrohmurah #umrohresmi #umrohresmijogja #umrohsunnah #umrohmurahjogja #umrohVIP #umrohpremium #umrohberkah #travelumrohterpercaya #umrohbandung #oleholehhajiumroh #perlengkapanhajiumroh #oleholehhaji #airzamzam

Post Author: Reza Prasetya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *