Bolehkah Thawaf melalui Hijr Ismail?

Tanya Jawab Seputar Haji – 10

Thawaf melalui Hijr Isma’il

Pertanyaan :
Apa hukum orang yang ketika mengerjakan thawaf masuk ke Hijr Isma’il?

Jawaban:
Ungkapan penanya “Hijr Isma’il” adalah kekeliruan, karena Hijr tersebut tersebut bukan milik Nabi Ismail dan ia tidak mengenalnya. Hijr yang ada itu adalah dibuat oleh orang-orang Quraisy ketika mereka hendak membangun ka’bah. Mereka tidak mendapat uang yang cukup untuk membangunnya di atas pondasi asal, yaitu di atas pondasi yang dibangun oleh Nabi Ibrahim. Oleh karena itu mereka membatasi bagian ini dengan batu, maka kemudian disebutlah al-hijr. Di disebut juga al-hathim (yang terhancurkan), karena merupakan bagian dari Ka’bah yang terpecah. Kebanyakan dari bagian al-hijr tersebut adalah bagian dari Ka’bah.

Maka dari itu, apabila seseorang melakukan thawaf dengan melewati bagian dalam al-hijr, maka putaran thawafnya tidak sah, sebab putaran thawaf harus memenuhi semua bagian dari Ka’bah dan al-hijr sekaligus. Berdasarkan penjelasan ini, barangsiapa thawaf seperti itu (masuk lewat al-hijr), maka thawafnya tidak sah dan ia harus mengulanginya. Thawaf yang tidak sah itu tidak dapat menyebabkannya menjadi ber-tahallul, apabila tahallul bergantung padanya.

Oleh : Syaikh Ibnu Utsaimin

Sumber Dari -> Fatwa-fatwa terkini Jilid I, Penerbit Daarul Haq

Like fanpage www.facebook.com/almadinahtour dan follow instagram kami @almadinahtour untuk mendapatkan artikel-artikel islami bermanfaat dan informasi Haji dan Umroh yang murah dan terjangkau.

www.almadinahtour.com
082265938444 – 087738628444 (WA/SMS/Telpon)

#umrohmurah #umrohresmi #umrohresmijogja #umrohsunnah #umrohmurahjogja #umrohVIP #umrohpremium #umrohberkah #travelumrohterpercaya #umrohbandung #oleholehhajiumroh #perlengkapanhajiumroh #oleholehhaji #airzamzam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *