Jabal Rahmah – bukit di tengah tempat wukuf

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah gunung kecil yang strukturnya terdiri dari batu-batu besar dan saling bertumpukan, gunung kecil ini terletak di tengah padang Arafah.

Dan padang Arafah sendiri terletak di sebelah timur kota suci Mekkah, dan berada di luar batas tanah Haram, jarak antara Makkah dan padang Arafah sekitar 20 km.

Ketinggian Jabal Rahmah mencapai 60 meter, terhitung dari sisi selatan kaki gunung hingga puncaknya.

Nama yang tepat untuk gunung ini adalah Gunung Ilal, dan ini sesuai dengan sejarah bangsa Arab. Sementara shahabat yang mulia Abdullah bin Abbas menyebutnya dengan sebutan Jabal Arafah atau gunung Arafah. Penyebutan Jabal Rahmah sendiri populer setelah abad keempat hijriyah, hingga kemudian nama inilah yang terkenal di kitab-kitab para ‘ulama.

Pelajaran

Tidak ada penyebutan khusus dalam ayat Al-Qur’an maupun hadits tentang gunung ini, namun terdapat ayat yang menyebutkan tentang padang Arafah yang merupakan tempat terletaknnya Jabal Rahmah. Sehingga para ulama’ menyimpulkan bahwa tidak ada keutamaan tertentu untuk Jabal Rahmah terkait hubungannya dengan manasik haji, lebih-lebih isu perjodohan dengan menuliskan nama wanita/pria idamannya.

Ya, lantaran ketidaktahuan sebagian umat ini pangkal tugu di puncak Jabal Rahmah ini menjadi hitam karena tulisan-tulisan nama dengan niat mereka masing-masing.

Keyakinan yang beredar di tengah masyarakat bahwa wuquf ibadah haji yang sah adalah dengan menaiki Jabal Rahmah adalah kekeliruan, demikian Imam An-Nawawi menegaskan.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam sendiri wuquf di kaki bukit Jabal Rahmah dan bersabda, “Aku menyembelih di sini dan Mina seluruhnya tempat penyembelihan, aku wuquf di sini dan Arafah seluruhnya tempat wuquf, aku wuquf [mabit] di sini dan Muzdalifah seluruhnya tempat wuquf [mabit].” [HR. Muslim]

Sumber : “Ketika Tanah Suci Berbicara“, TIM ILMIAH Indonesian Community Care Center, www.markazinayah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *