Umrah Murah

Seringkali jamaah yang hanya melihat harga ‘murah’ di awal tidak memahami apa itu umrah murah sebenarnya. Sehingga terjebak kepada informasi-informasi yang kurang tepat. Pada kesempatan kali ini mari secara perlahan mengenal umrah murah. Apa itu umroh murah? Umroh murah adalah umroh yang ketika dibandingkan dengan paket-paket produk umrah yang lain tergolong umroh dengan harga murah. Maka dari itu semua travel bisa membuat versi umrohnya sendiri. Ada di travel lain umroh murah harga 40 juta. Di tempat lainnya umroh murah 16 juta. Ya itu terserah masing-masing umroh karena mereka punya pembandingnya sendiri. Tapi ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum Anda memilih umrah. 

Umroh Murah Menjadi Tidak Wajar

Umroh murah menjadi tidak wajar ketika harga tidak sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Seringkali jamaah yang hanya melihat harga ‘murah’ di awal merasa travel yang ia gunakan jadi lebih mahal dibandingkan dengan fasilitas yang seharusnya mereka gunakan.

Yang kedua, dari sisi bimbingan. Kalau bicara umroh  pastinya menyangkut ibadah. Maka yang membimbingnya seharusnya adalah orang yang mengerti ibadah umroh dan ibadah seputar lainnya seperti tentang ziarah, tentang sholat jenazah, dan lainnya.

Mungkin ada pembimbing yang sangat mengerti bahasa Arab dengan fasih, bisa negosiasi dengan masyarakat disana, lancara berkomunikasi dengan potter dan sebagainya. Namun begitu turun orang-orang yang tidak faham dengan agama maka ibadahnya bisa kacau seperti kita saksikan kasus-kasus ibadah umroh di Mina yang heboh akhir-akhir ini.

Tiba-tiba muncul doa-doa baru. Ada sholat ini itu padahal tidak ada. Ini menurut kami menjadi aneh dan tidak wajar. Akhirnya nilai puluhan atau bahkan hanya belasan juta biaya umroh itu jadi tidak wajar bagi jamaah karena mereka hanya dapatkan bimbingan yang begitu. Itu sangat disayangkan.

Umrah Murah
gambar hanya ilustrasi

Hotel Umroh

Dari segi publikasi, bahasa promosi sebagian travel tidak menyebutkan nama hotel pasti. Mereka tidak menyebutkan range, estimasi, atau hanya menggunakan bahasa ‘setaraf’ yang bisa berarti setaraf namun tidak setaraf jarak. Misalkan ini sama-sama bintang tiga. Tapi yang satu jaraknya 200 meter satunya 5 km. Ternyata yang dipakai yang 5 km karena harganya jauh lebih murah. Dengan bahasa promosi ‘setaraf’ nampaknya hotel tersebut menjadi sama padahal beda.

Tapi kalau melihat dari fasilitas memang rata-rata hotel di Saudi dibandingkan hotel di tanah air tentu saja nyaman hotel di tanah air dengan kelas yang sama. Misalnya saja untuk hotel bintang tiga di saudi room service dan fasilitasnya tidak sama dengan di Indonesia. Akhirnya yang yang membedakan adalah dari sisi jarak dengan masjid nabawi atau masjidil harom. Tentu semakin tinggi bintangnya semakin dekat jarak dengan masjid. Itu yang punya nilai jual hotel-hotel di Saudi.

Jamaah yang tidak mengerti bisa jadi melihat realita yang ada setelah sampai disana padahal mereka sudah bayar, sudah berangkat. Akhirnya timbul penyesalan karena tidak mengerti situasi.

Pengaruh Hotel

Hotel tentu saja mempengaruhi efektifitas ibadah umroh. Semakin jauh maka semakin butuh tambahan tenaga. Apalagi juga membutuhkan waktu tersendiri. Ketika jamaah itu berjalan, sekian menit itu sudah habis untuk perjalanan. Ibadah-ibadah sunnah jadi sulit dikerjakan. Yang seharusnya bisa sholat sunnah thawwaf sunnah, tilawah, dzikir jadi tidak bisa karena waktunya tersita untuk perjalanan berangkat.

Semoga tulisan ini bisa membuka pemahaman terkait dengan umrah murah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *