Site Loader

LOCATION

Yogyakarta, Indonesia
padang arafah

padang arafah

Arafah merupakan padang yang luas nan datar yang terletak kurang lebih 21 km dari kota Mekkah, panjang dan lebarnya masing-masing ± 2 km. Padang ini dikelilingi oleh bukit-bukit batu yang membentang bagai busur panah dari arah utara ke selatan. Di arah selatan bentangan bukit itu ada jalan penghubung antara kota Mekkah dan Thaif.

Sebagian sumber menyebutkan nama “Arafah/Arafat” diambil dari kata “ta’aruf” yang berarti saling mengenal, dimana dahulunya tempat ini adalah tempat bertemunya kembali Nabi Adam dan Hawa. Adapula yang mengatakan bahwa Jibril ‘alaihissalam mengajarkan Nabi Ibrahim tentang manasik haji di tempat ini, seusai mengaraj Jibril bertanya, “Arafta?” [Apakah engkau sudah tahu?].

Pelajaran

Padang Arafah adalah tempat wuquf bagi jama’ah haji di hari ke 9 Dzulhijjah, setelah sebelumnya mabit [bermalam] di Mina. Wuquf di Arafa adalah salah satu rukun haji yang paling utama. Di sini jama’ah haji akan menunaikan shalat Dhuhur dan Ashar dengan jamak dan qashar di waktu dhuhur. Sebelum shalat ada khutbah yang disampaikan kepada mereka, selanjutnya mereka berwuquf hingga matahari tenggelam.

Wukuf di Arafah mengingatkan kita tentang hari berkumpulnya semua makhluk di padang mahsyar, hari di mana setiap insan akan berdiri menanti gilirannya untuk dihisab, untuk mempertanggungjawabkan semua yang telah dilakukannya semasa hidupnya di dunia. Karenanya, di padang Arafah ini dianjurkan untuk banyak berdzikir, beristighfar, berdo’a, dan merintih di hadapan Allah, karena manusia sama sekali tidak tahu bagaimana akhir kehidupannya.

Allah berfirman, “Ketika hari itu datang, tidak ada seorangpun yang berbicara, kecuali dengan seizinNya; maka di antara mereka ada yang sengsara dan ada pula yang bahagia.” [QS. Hud : 105].

Sumber : “Ketika Tanah Suci Berbicara“, diterbitkan oleh TIM ILMIAH Indonesia Community Care Center. markazinayah.com

Post Author: Reza Prasetya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *