Pesantren Mahasiswa Almadinah

almadinah

Al Madinah Nusantara adalah nama yayasan yang resmi terdaftar di Kemenkumham RI (SK No. AHU-1146.AH.01.04.Tahun 2012).

Al Madinah adalah kota yang bersinar, tempat Rasul dan para Shahabat menempa diri memancarkan Islam keseluruh penjuru dunia. Nusantara adalah wilayah yang kita pijak saat ini, visi nasional yang akan diemban dalam jangka menengah. Hijau adalah nuansa surga, hijau adalah kesejukan, kedamaian. AL MADINAH dengan font lurus-lurus adalah ketegasan. NUSANTARA dengan font lengkung-lengkung adalah kelembutan. Rumah adalah asrama, madrasah pembinaan. Buku/kitab adalah sumber ilmu. Orang (huruf i) adalah pribadi muslim. Warna merah adalah semangat membara. Orang + Buku adalah pembelajar abadi, yang dinaungi oleh rumah yang kokoh yang dilandasi oleh kata DIN (agama). Garis melebar tak berujung disisi kiri atap adalah keberkahan ilmu dan amal yang meluas tak terbatas.

visi

Pondok Mahasiswa Al-Madinah Nusantara (PMAN) mempunyai Visi (cita-cita) melahirkan pemimpin atau calon pemimpin masa depan dari lingkup yang paling kecil sampai paling besar, juga melahirkan para kader dakwah yang siap untuk menyokong dakwah Islam rahmatan lil ‘alamin sebagaimana para pendahulu yang shalih.Dari kalangan mahasiswa, dimana mahasiswa adalah label yang sangat penting dan utama bagi pembentukan sebuah peradaban di zaman ini. Pemuda/i di era kini sangat kuat direpresentasikan oleh golongan elit mereka yang berstatus mahasiswa. Maka membina mahasiswa adalah membina masa depan peradaban itu sendiri. Kata melahirkan dipilih karena proses membentuk dan menyiapkan pemimpin dan kader dakwah adalah sebuah proses yang tidak mudah, memerlukan perjuangan, bahkan “jihad” yang penuh kesungguhan.

PMAN mendefinisikan dalam Visinya bahwa sosok pemimpin dan kader dakwah masa depan depan adalah:

  • Terstandar ilmu syar’i-nya, yaitu memiliki kapasitas basic ilmu syar’i yang cukup untuk mengatur diri dan keluarganya di dalam rel syariat Islam yang terstandar sebagaimana para pendahulunya yang shalih.
  • Terasah intelektualitasnya, yaitu memiliki kapasitas intelektualitas yang tercermin pada penguasaannya terhadap ilmu dunia (ipteks) yang mumpuni di bidang yang ia geluti.
  • Professional di bidangnya, yaitu memiliki satu bidang keilmuan yang siap diandalkan dalam rangka membangun peradaban dan kemanfaatan umat.

Kesemua capaian dan kemampuan diatas harus ditunjukkan dengan yang bersangkutan untuk siap berkhidmat untuk umat dan bangsa, sehingga cita-cita kebaikan bersama dapat segera diwujudkan.

misi

Selengkapnya di : http://pondokalmadinah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *