Faedah-faedah Zakat yang berkaitan dengan akhlak

H-18 Ramadhan

Faedah-faedah Zakat yang berkaitan dengan akhlak

1. Bahwasanya zakat akan memberikan pengaruh yang baik kepada orang yang menunaikannya, yaitu memiliki kemuliaan, kelemah lembutan dan pemurah.

2. Sesungguhnya zakat akan menuntut orang yang menunaikannya bersifat rahmah (kasih sayang) dan selalu pengertian terhadap saudara-saudaranya yang miskin. Seseorang yang mengasihi orang lain maka Allah Ta’ala akan mengasihi mereka.

3. Realitas menunjukkan bahwa orang yang memberikan kemanfaatan, baik berupa harta maupun badan terhadap kaum muslimin, berarti ia melapangkan dada, meluaskan jiwa serta menjadikan ia seorang yang dicintai dan dimuliakan, tentunya tergantung seberapa tingkat kemanfaatan yang ia curahkan bagi saudaranya.

4. Sesungguhnya di dalam zakat itu terdapat pembersihan akhlak dari sifat bakhil dan kikir yang ada pada dirinya. Allah Ta’ala berfirman:

“Ambilah dari sebagian harta-harta mereka sebagai shadaqah yang akan membersihkan dan mensucikan mereka.”

Sumber : Kitab : FUSHUL FI SHIYAM, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Edisi Indonesia: Meraih Surga Di Bulan Ramadhan, hal : 44-45

Like fanpage (https://www.facebook.com/almadinahtour) dan instagram kami @almadinahtour untuk mendapatkan artikel-artikel islami bermanfaat dan informasi Haji dan Umroh yang murah dan terjangkau.

www.almadinahtour.com
082265938444
087738628444 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *