Arti Umroh

Sudah tahukah Anda apa arti umroh yang sebenarnya? Bagi Anda yang akan menjalankan perjalanna umroh rasanya kurang lengkap apabila belum mengetahui arti atau makna dari kegiatan ini. Mulai dari ketentuan hingga tata caranya, semua orang yang akan berangkat umroh berhak bahkan berkewajiban mengetahuinya.

Jika sampai saat ini Anda belum mengerti seluk beluk kegiatan ibadah yang satu ini maka Anda tak perlu khawatir, karena dengan menyimak artikel ini sampai selesai wawasan Anda tentang umroh akan bertambah.

Arti dan Esensi Ibadah Umroh

Umroh merupakan salah satu kegiatan kerohanian yang dimiliki oleh agama Islam. Orang sering menyamakan kegiatan ibadah ini dengan Haji, padahal dua kegiatan rohani jelas berbeda meskipun keduanya bisa dikatakan mirip.

Seperti yang kita tahu bahwa kegiatan rohani Umroh dilakukan di kota yang suci bagi agama Islam, yaitu Mekkah, sama seperti ibadah Haji yang juga dilaksanakan di Mekkah. Lalu dimana tepatnya kegiatan rohani ini dilakukan? Jawabannya adalah di Masjidil Haram, yang mana lagi-lagi sama seperti ibadah Haji. Tenang saja jika Anda sudah bertanya-tanya apa perbedaan dua kegiatan rohani ini. Anda akan menemukan jawabannya juga di artikel ini.

Umroh Adalah Haji Kecil

Sering disebut sebagai haji kecil, agenda singkat dari Umroh ini berupa pelaksanaan tawaf di Sa’i dan Kabbah yang mana terletak di antara bukit Shofa dan bukit Marwah.

Arti Kata Umroh Secara Bahasa

Lalu apa arti umroh yang sebenarnya? Kata Umroh dalam segi bahasa diartikan sebagai “berkunjung”, yang mana berupa suatu kegiatan yang sengaja dilakukan untuk mengunjungi suatu tempat. Kegiatan ini diberi nama “umroh” karena para jamaah bisa datang kapan saja ke Majidil Haram.

Umroh Syar’i dengan Tata Caranya

Sedangkan secara syar’i, “umroh” ini diartikan sebagai kata yang bermakna mengunjungi Mekkah untuk melakukan ibadah. Dengan tata cara yang telah ditentukan, umroh ini bisa diartikan lagi sebagai aktivitas datang ke Baitullah.

Ketentuan dan Syarat Pelaksanaan Umroh

Agama Islam telah mengatur dengan jelas sebuah peraturan terkait siapa saja yang boleh menjalankan umroh. Umroh hanya bisa dilakukan oleh mereka yang tentunya beragama Islam, dewasa atau baligh, berakal atau tidak gila, merdeka, dan mempunyai kemampuan.

Syarat Umroh

Syarat mempunyai kemampuan disini diartikan sebagai mereka yang mampu membayar pesawat untuk datang ke Mekkah, mampu membawa bekal, serta anggaran-anggaran lain yang harus dikeluarkan selama Umroh.

Syarat lain yang harus dipenuhi untuk melakukan Umroh ini adalah adanya seorang mahram bagi wanita. Ya, seorang wanita tak boleh melakukan umroh sendirian bila tidak didampingi oleh mahramnya.

Rukun Umroh

Setelah Anda mengerti sedikit tentang umroh beserta syarat dan ketentuannya, Anda juga harus mengerti apa saja rukun dari umroh ini. Kegiatan umroh mewajibkan mereka yang melakukannya untuk emmenuhi rukun-rukun berikut ini ihram, tawaf, sai, tahallul, dan tertib.

Al Madinah Sebagai Partner Umroh Anda

Rasanya kurang lengkap jika Anda sudah mengetahui arti umroh, rukun, dan syarat-syaratnya tanpa mengetahui siapa yang bisa membantu Anda dalam berangkat umroh. Agen travel yang baik dan kredibel Anda perlukan supaya perjalanan umroh Anda sukses.

Al Madinah Tour & Travel merupakan biro perjalanan yang bisa Anda percaya dalam urusan umroh. Berbagai paket umroh telah ditawarkan dengan harga-harga yang bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda.

Bekantor pusat di Jalan Magelang Kilometer 7 Nomor 253, Anda bisa segera datang kesana untuk mendapatkan paket umroh yang ada. Anda sibuk? Hubungi saja Al Madinah melalui nomor telefon yang ada, yaitu pada 0822 6593 8444 atau 0877 3862 8444. Atau kunjungi www.almadinahtour.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Butuh Info Umroh?
Assalamualaikum,
Apakah ada yang bisa kami bantu?
Powered by