Apa hukum pergi haji dengan pasport palsu?

Tanya Jawab Seputar Haji – 08

Pemalsuan Pasport Tidak Mempengaruhi Keshahan Ibadah Haji

Pertanyaan :
Apa hukum ibadah haji orang yang pergi haji dengan menggunakan pasport palsu?

Jawaban:
Ibadah hajinya sah, sebab pemalsuan pasport itu sama sekali tidak mempengaruhi sahnya ibadah haji, namun ia berdosa, wajib bertobat kepada Allah dan mengganti nama palsunya (di pasport) dengan nama aslinya agar tidak terjadi pengelabuan terhadap para petugas dan supaya kewajiban-kewajibannya yang harus ia tunaikan dengan nama aslinya tidak terabaikan lantaran nama kedua berbeda dengan nama pertamanya. Dengan cara seperti itu berarti ia telah memakan harta secara tidak benar (batil) yang dibarengi dengan kedustaan di dalam pemalsuan nama.

Pada kesempatan yang baik ini saya nasehatkan kepada saudara-saudaraku, bahwa masalah ini bukan masalah yang sederhana bagi mereka yang melakukan pemalsuan nama (pada pasport)dan menggunakan nama lain demi mendapatkan kemudahan dari negara atau kemudahan lainnya. Sebab itu adalah tindakan pengelabuan di dalam bermuamalah, kedustaan, kecurangan dan penipuan terhadap para petugas dan penguasa. Hendaklah mereka ketahui bahwa barang siapa yang bertakwa (takut) kepada Allah niscaya Allah memberikan jalan keluar baginya dan  memberinya rizki dari arah yang tidak ia duga, barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah memudahkan urusannya, dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah dan mengatakan yang benar niscaya Allah memperbaiki amalnya dan mengampuni dosa-dosanya.

Syaikh Ibnu Utsaimin

Sumber Dari -> Fatwa-fatwa terkini Jilid I, Penerbit Daarul Haq.

Like fanpage www.facebook.com/almadinahtour dan follow instagram kami @almadinahtour untuk mendapatkan artikel-artikel islami bermanfaat dan informasi Haji dan Umroh yang murah dan terjangkau.

www.almadinahtour.com
082265938444 – 087738628444 (WA/SMS/Telpon)

#umrohmurah #umrohresmi #umrohresmijogja #umrohsunnah #umrohmurahjogja #umrohVIP #umrohpremium #umrohberkah #travelumrohterpercaya #umrohbandung #oleholehhajiumroh #perlengkapanhajiumroh #oleholehhaji #airzamzam

08/26/2017 | Ibadah | 0 Comments

Leave a comment