Ode Shalat

Shalat tidak diragukan lagi merupakan penyejuk mata bagi para pecinta, kenikmatan ruhani para ahli tauhid, kenikmatan jiwa bagi mereka yang khusuk, standar kondisi bagi mereka yang teguh beriman, dan neraca kondisi para salikin (mereka yang menempuh jalan menuju Allah). Shalat adalah rahmat Allah yang dikaruniakan kepada para hambaNya yang beriman.

Allah menuntun dan memperkenalkan shalat pada mereka. Dia karuniakan pada mereka melalui rasulNya yang jujur lagi terpercaya, sebagai rahmat dan kemuliaan bagi mereka untuk meraih kemuliaan dan kedekatan denganNya, bukan karena Allah memerlukan mereka, tetapi semata sebagai karunia dan anugerah.

Dengan shalat, hati dan seluruh raga menghambakan diri, bahagia dengan cintaNya, bahagia berdiri di hadapanNya, berpaling dari siapapun selain yang diibadahi saat menunaikan ubudiyah untukNya dan menyempurnakannya secara lahir batin, hingga shalat ditunaikan dengan cara yang diridhoi Allah.

 

— Dikutip dari Ashrasul Shalat, Ibnul Qayyim, di kitab Al Jami’lil Ahkamish Shalah wa shifatu shalatin nabiy shallahu alaihi wassalam

03/15/2018 | Ibadah | 0 Comments

Leave a comment