Cara Umroh

Semua ibadah di agama Islam tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, termasuk juga untuk cara Umroh. Ibadah ini mengharuskan semua yang melakukannya sesuai dengan tata cara dan prosedur yang telah diatur.

Tata Cara Umroh

Apakah Anda telah berencana melakukan perjalanan Umroh namun belum mengetahui bagaimana prosedurnya? Tenang saja, berikut ini adalah tata cara beribadah umroh yang bisa Anda baca dan catat supaya bisa berlatih.

  1. Abyar Ali

Prosedur pertama ini adalah kegiatan yang dilakukan antara bandara menuju Miqat Masjid Dzulhulaifah. Di tempat ini Anda akan melakukan serangkaian kegiatan guna mensucikan diri. Anda bisa memulainya dengan mandi, menggunakan kain ihram, berwudhu, dan dilanjutkan dengan sholat sunnah ihram. Sholat sunnah ini dilakukan sebanyak dua rakaat dengan niat Labbaikallahumma umratan.

  1. Larangan Setelah Memakai Kain Ihran

Bagi wanita haram hukumnya untuk menutup muka dan memakai kaos tangan. Sedangkan untuk pria dilarang untuk menutup kepala, menggunakan alas kaki yang menurupi mata kaki, dan dilarang juga untuk memakai pakaian biasa.

Baik untuk pria dan wanita keduanya dilarang untuk menggunakan wangi-wangian, memotong kuku, memotong rambut, mewarnai rambut, bermesraan, mencaci, memotong tanaman, dan memburu binatang.

  1. Pergi ke Masjidil Haram

Saat di jalan Anda disarankan untuk selalu membaca kalimat tabliyah seperti yang dilakukan Rasulullah, baik saat Umroh maupun Haji.

  1. Thawaf

Untuk selanjutnya, yaitu sampai ke Masjidil Haram. Para jamaah sebenatnya boleh masuk lewat pintu mana saja, namun Anda disarankan untuk melewati pintu yang dileeati Rasulullah, yaitu pintu Bani Syaibah.

  1. Hal yang Bisa Dilakukan di Masjidil Haram

Saat sampai di Masjidil Haram Anda bisa memilih berbagai kegiatan yang ada. Pilihan tersebut antara lain Taqbil (mencium Hajar Aswad), Istilam (mengusap Hajar Aswad), hingga melambaikan tangan pada benda sebanyak tiga kali.

  1. Saat di Maqom Ibrahim

Saat di depan Maqom Ibrahim Anda bisa sholat sebanyak dua rakaat. Caranya adalah dengan membaca Al-Fatihah di rakaat pertama dan membaca Al-Kafiruun di rakaat kedua.

  1. Minum Air Zam Zam

Hendaknya membaca niat sebelum meminum air zam-zam.

  1. Sai Antara Safa dan Marwah

Sai dilalukan sebanyak tujuh kali, yang mana dilakukan seperti saat Siti Hajar dulu mencari minum untuk Nabi Ismail.

  1. Tahallul

Tahallul adalah prosedur yang harus dilakukan jika proses Umroh tellah selesai. Cara melakukan Tahallul adalah dengan mencukur rambut.

Bagi pria disarankan untuk mencukur sampai botak, sedangkan untuk wanita disarankan mencukur rambut ala kadarnya saja.

Partner Umroh Terbaik Untuk Anda

Itulah cara Umroh yang perlu Anda cataat atau ingat sebelum berangkat Umroh. Setelahnya, Anda memerlukan travel Umroh yang siap menemani Anda dan keluarga selama Umroh. Anda bisa mempercayakan perjalanan Umroh Anda kepada Al-Madinah Tour & Travel.

Al-Madinah Tour & Travel telah mengantongi dua izin resmi yang dibutuhkan travel Umroh untuk menyatakan  mereka berdiri sebagai travel Umroh yang kredibel. Dua izin resmi yang dimiliki Al-Madinah Tour & Travel adalah izin dari Kepala Kementerian Agama wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan dari Ambassador Tour & Travel.

Dengan memilih Al-Madinah Tour & Travel Anda bisa memilih untuk berangkat Umroh dari Yogyakarta atau dari Jakarta.  Paket Umroh yang disediakan pun juga beragam, bahkan dengan nominal 19,9 juta rupiah saja Anda sudah bisa berangkat Umroh. Hubungi nomor 0822 6593 8444 untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Atau kunjungi kami di www.almadinahtour.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Butuh Info Umroh?
Assalamualaikum,
Apakah ada yang bisa kami bantu?