Hikmah Umroh

Bagi umat Islam, pergi tanah suci adalah hal yang sangat diimpikan. Bahkan pergi haji juga masuk ke dalam rukun Islam yang kelima. Ada dua cara beribadah menuju ke tanah suci. Yang pertama adalah dengan haji dan yang kedua adalah dengan umroh atau haji kecil. Perbedaan yang menonjol diantara keduanya adalah waktu keberangkatannya. Untuk orang yang pergi haji, waktu keberangkatannya adalah sebelum 1 Dzulkhijjah. Sedangkan umroh bisa berangkat kapan saja. Untuk Anda yang tidak sanggup menunggu waiting list untuk pergi haji, Anda bisa pergi umroh. Ada beberapa hikmah yang bisa Anda petik.

Untuk Anda yang masih berpikir bahwa berangkat umroh membutuhkan biaya yang besar, segera ubahlah mindset tersebut. Umroh memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi bukan berarti mahal. Ingatlah bahwa Allah akan selalu melipatgandakan rezeki yang kita miliki. Apalagi jika dihabiskan di jalan Allah. Allah tidak akan tega membuat hamba-Nya yang berjihad di jalan-Nya menjadi orang yang berkekurangan rezeki.

  1. Hikmah umroh pertama yang bisa Anda ambil adalah terhindar dari kemiskinan. Tentunya Anda sudah banyak mengetahui bahwa ada orang tidak mampu yang tetap bisa berangkat umroh karena memiliki keteguhan hati yang luar biasa. Mereka adalah orang-orang terpilih dan memiliki kemauan yang kuat. Sudah terbukti sendiri bahwa Allah memiliki banyak sekali jalan rezeki untuk Anda.
  2. Dikabulkan doanya

Menurut Hadist Riwayat Ibnu Majah dan Ibnu Hibban, mengatakan bahwa Rasulullah bersabda bahwa orang yang berangkat haji dan umroh adalah tamu Allah. Allah pasti akan mengabulkan permintaan tamu yang datang menghadap kepada-Nya. Sedangkan yang memohon ampunan juga pasti diampuni oleh-Nya. Untuk itu, banyak orang yang memanfaatkan momen umroh ini untuk meminta sesuatu atau memohon untuk segera diampuni dosa-dosanya.

Berdoalah dengan khusyuk dan mintalah apa yang Anda sangat inginkan. Jika membawa hal yang baik untuk Anda, insyaallah Allah akan segera mengabulkan keinginan Anda tersebut. Selain berdoa untuk diri sendiri, Anda juga bisa berdoa untuk orang-orang yang Anda sayangi.

  1. Mendapatkan banyak pahala sholat

Jika Anda melakukan sholat fardhu sendirian, maka Anda akan mendapatkan 1 pahala. Sedangkan jika melakukannya secara berjamaah, maka Anda akan mendapatkan 27 pahala. Saat Anda pergi umroh, Anda sudah pasti akan pergi menuju ke masjidil haram. Jika Anda sholat di masjidil haram, maka Anda bisa mendapatkan pahala hingga 100.000 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan sholat di tempat yang lain. Dari Hadist Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dikatakan bahwa sholat di masjid Nabawi lebih baik dari 1000 shalat di masjid lain, sedangkan sholat di masjidil haram lebih utama dibandingkan 100.000 shalat di masjid lainnya. Hal ini hanya bisa Anda dapatkan apabila Anda berangkat haji ataupun umroh.

Itu dia 3 hikmah umroh yang bisa Anda ambil dari ibadah suci ini. Semua ibadah tentu bernilai besar di hadapan Allah. Tugas kita sebagai umat Islam yang taat adalah mencari pahala dan ridho Allah melalui berbagai jalan yang bisa ditempuh. Umroh bisa berangkat kapan saja, sehingga Anda bisa menyiapkan terlebih dahulu berbagai hal yang dibutuhkan seperti materi dan kesehatan. Dengan ridho Allah dan kemauan yang kuat, bukan tidak mungkin Anda akan pergi ke tanah suci.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Assalamualaikum,
Apakah ada yang bisa kami bantu?
Powered by