Pengertian Haji dan Umroh

Haji merupakan salah satu rukun islam. Setelah mengetahui pengertian haji dan umroh, anda harus mengerti syarat- syarat dalam menjalankannya. Ketika berhaji, anda harus memenuhi semua syarat wajib dan syarat sah Haji. Yang di maksud dengan syarat wajib dan syarat sah haji adalah hal hal yang apabila telah terpenuhi menyebabkan orang yang bersangkutan wajib menunaikan haji. Syarat sah haji adalah hal hal yang harus dipenuhi oleh orang yang menunaikan ibadah haji, apabila tidak terpenuhi salah satu syarat sah haji, maka menjadikan hajinya tidak sah.

Pengertian Haji

  • Secara etimologi

Pengertian Haji secara Etimologi haji adalah menyengaja.

  • Secara terminologi

Sedangkang secara Terminologi Haji adalah suatu amal ibadah yang dilakukan dengan sengaja mengunjungi baitulloh di Mekah dengan maksud beribadah dengan ikhlas mengharap keridhoan Allah Swt dengan syarat dan rukun tertentu.

Selain syarat wajib dan syarat sah, anda juga harus melakukan rukun haji. Yang dimaksud dengan rukun haji adalah perbuatan yang harus dilaksanakan selama menunaikan ibadah haji dan apabila ada rukun yg tertinggal, maka ibadah hajinya tidah sah dan tidak dapat di ganti dengan dam serta wajib mengulangi kembali ibadah hajinya pada tahun yang akan datang. Selain itu, Dalam melaksanakan ibadah haji ada beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar dan jika dilanggar akan terkena dam atau denda. Ditinjau dari segi etimologi dam artinya darah, sedangkan menurut terminology artinya adalah mengalirkan darah atau menyembelih hewan ternak sebagai tebusan atas pelanggaran yang dilakukan.

Pengertian Umroh

  • Menurut bahasa

Menurut bahasa umroh berarti ziarah atau berkunjung.

  • Menurut istilah

Sedangkan menurut istilah umroh adalah melakukan ziarah ke Baitulloh atau kakbah di tanah suci dengan niat karena Allah Swat dengan syarat dan rukun tertentu.

Berbeda dengan haji, melaksanakan umroh hukumnya adalah sunnah. Ibadah umroh merupakan rangkaian kegiatan ibadah haji, dimana umroh sering disebut haji kecil, sedangkan haji disebut dengan haji arafah. Melakukan ibadah umroh juga ada larangan yang sama dengan ibadah haji. Begitu juga pelanggaran bagi orang yang melakukan ibadah umroh akan dikenakan denda sama dengan ibadah haji, yaitu menyembelih hewan kurban.

Puasnya Berhaji dan Umroh dengan Al-Madinah Tour

Banyak tersedia diskon dan promo perjalanan haji dan umroh di Al-Madinah Tour. Sehingga hal ini menjadi kesempatan anda untuk mendapatkan perjalanan haji ataupun umroh dengan harga murah. Jangan sia-siakan pengetahuan anda tentang pengertian haji dan umroh, segera lakukan perjalanan sekaligus ibadah haji dan umroh anda menggunaka jasa Al-Madinah Tour yang akan memberikan kepuasan ibadah anda.

Yuk, Buruan daftar, jangan sampai ketinggalan,

Informasi & Pendafataran hubungi :

WA : 0877-3862-8444

Telp : 0822-6593-8444

Email : almadinahtour@gmail.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Klik Chat WhatsApp